Sunday, October 21, 2018

Game Developer , Uang atau Hobi ?

game developer . mungkin tidak asing bagi kita , dengan semakin banyaknya game - game baru baik dari developer besar maupun developer indie pasti kita akan berfikir "kayaknya kalau buat game sendiri bagus kali yak ? bisa dibuat sesuai keinginan sendiri." . Haha itulah pandangan awal saya dulu.

halo perkenalkan nama saya susanto , saya adalah satu dari banyak orang yang mencoba terjun di bidang developing game. kenapa ? hobi ? uang ? hmm bisa dibilang begitu haha. kenapa sekarang bisa jadi fulltime developer ? ceritanya panjang bro , kita bahas aja satu - satu.

saya yang dari dulu suka memodifikasi sebuah game khusunya game GTA SA hanya sekedar ganti skin , pasang mod mobil , map , dll . saya sempat berfikir enak kali bisa bikin mod sendiri , semenjak saat itu saya belajar 3d modelling . tahun demi tahun perlahan saya sudah "lumayan" jago di 3d modelling . dan karena keterbatasan modding game itulah saya mendapat sebuah ide "kenapa gak bikin game sendiri yang bisa lebih leluasa dibikin sesuka haru saja?".

semenjak saat  itu saya mulai browing beberapa game engine yang mudah digunakan . dan saati itulah saya menemukan UNITY . langsung saja saya browsing dan download semua materi dan video tutorial . namum dengan skil coding saya yang 0% terasa susah sekali . sempat stuck setahun lebih saya membulatkan tekat untuk belajar lebih giat .

beberapa bulan berlalu game pertama saya jadi dan sayapun iseng pasang ads juga . saya uploadlah di playstore dan ternyata buset sampai kaget banyak banget yang download dan saldo ads pun semakin bertambah haha. hari demi hari saya fokuskan kembangin game lagi dan alhamdulilah dari hobi yang lumayan bikin pusing saya mendapat penghasilan.

jadi buat devepoler pemula sebaiknya fokus ke belajar dulu jangan melihat dari banyaknya uang yang dihasilkan . saya yakin jika kamu niat hanya karena uang gk akan bisa menjadi developer sukses . banyak dari teman saya minta di ajari namum sekali duakali sudah kapok haha . ya memang belajar seperti ini gk cuma sehari dua hari , bertahun tahunpun masih kurang cukup .

dan saya sebagai orang indonesia cukup bangga banyak developer indie baru yang kualitas game mereka sudah mendunia. semoga dunia game developer makin maju di indonesia . sekian dan terimakasi sudah membaca tulisan gak jelas ini .
Disqus Comments